Jumat, 08 Maret 2019

4 Cara Menghapus atau Clear Cache di HP Android

Cara menghapus cache di android - Kebanyakan diantara kalian pasti sudah pernah mendengar cache. Cache sendiri menjadi komponen penting pada suatu aplikasi dan smartphone android milik kalian. Akan tetapi, pasti banyak diantara kalian yang belum tahu menahu mengenai apa itu cache dan fungsinya.

Cara clear cache di android

Untuk menambah wawasan mengenai cache, kami di sini akan menuliskan sebuah artikel tentangnya. Kami akan mengajarkan kepada kalian tentang pengertian cache, manfaatnya, cara membersihkan cache di hp, dan lain-lain. Tak perlu lama-lama lagi, berikut di bawah ini merupakan penjelasan yang akan kami berikan.

Baca Juga


Apa Itu Cache?


Sebelum belajar lebih jauh, kalian wajib tahu mengenai pengertian dari cache. Cache adalah suatu file yang menyimpan data sementara pada suatu aplikasi dan game yang ada di perangkat kalian, baik hp maupun pc. Jadi, setiap aktivitas yang kamu lakukan akan tercatat ke dalam cache, termasuk saat membuka browser, main game, dan membuka aplikasi.

Apa Fungsi Cache?


Cache berfungsi untuk mempercepat kinerja suatu aplikasi pada perangkat. Contohnya saja saat kalian menggunakan aplikasi browser seperti Chrome. Saat membuka Chrome, kalian menelusuri sebuah gambar, misalnya gambar bunga. Data gambar yang muncul tersebut nantinya bakal tersimpan ke dalam cache, sehingga pada kunjungan berikutnya, proses membuka gambar bisa lebih cepat. Seperti itulah cara kerja cache pada browser.

Selain pada browser, cache juga menyimpan berbagai data pada aplikasi lain. Karena itu, saat cache telah tersimpan, maka kinerja dari suatu aplikasi bisa lebih cepat.

Lebih Baik Dihapus atau Dibiarkan?


Mungkin ada yang bertanya, sebaiknya cache dihapus atau dibiarkan saja. Jawabannya sendiri tergantung dengan kalian, jika ponsel mulai melambat karena terlalu banyak menyimpan cache, maka sebaiknya dihapus. Namun apabila hp dalam kondisi baik-baik saja dan tidak mengganggu, maka lebih baik dibiarkan, karena bisa bermanfaat untuk mempercepat kinerja aplikasi.

Namun kebanyakan orang kerap menghapus cache di android, selain bisa menambah ruang penyimanan, juga bisa mempercepat performa hp yang lemot. Untuk itu, kami sangat menyarankan untuk membersihkan tembolok (nama lain cache) secara rutin atau ketika ponsel melambat.

Baca Juga

Bagaimana Cara Clear Cache di Android?


Ada banyak cara membersihkan cache di hp android, dan semuanya sangatlah mudah untuk dilakukan. Untuk kalian yang belum tahu caranya, kami akan memberikan beberapa panduan, kalian tinggal memilih salah satunya saja. Tak perlu lama-lama lagi, di bawah ini adalah beberapa cara menghapus cache dan cookie di handphone dengan dan tanpa aplikasi :

1. Cara Menghapus Cache di Semua Aplikasi


Cara yang nomor satu adalah cara yang sangat mudah dan ringkas, karena dengan sekali klik bisa menghapus cache aplikasi lengkap. Mulai dari menghapus cache game (mobile legends, PUBG, Free Fire, dll), aplikasi online shop (Shoppe, Bukalapak, Tokopedia, dll), aplikasi browser, dan aplikasi sosial media (Facebook, Instagram, dll). Untuk langkah-langkahnya, bisa dengan mengikuti urutan yang ada di bawah ini :

1. Buka Pengaturan.

2. Pilih Penyimpanan atau Storage.

3. Cari dan tekan Cached Data atau Data Dalam Cache atau Data yang Disimpan.

Cara clear cache di android

4. Maka muncul pop up untuk menghapusnya, tekan saja OK untuk membersihkan semua cache aplikasi.

Cara clear cache di android

Jika kalian memakai cara ini, maka semua data cache akan hilang. Jika tidak mau hal itu terjadi, maka bisa menggunakan cara nomor dua, karena cara tersebut bisa dilakukan untuk menghapus cache satu aplikasi, sehingga cache yang ingin disimpan tidak terhapus.

2. Cara Membersihkan Cache Aplikasi Satu-Satu


Jika cara pertama memungkinkan untuk menghapus semua cache di aplikasi smartphone, maka cara nomor dua bisa dilakukan untuk menghapus satu aplikasi. Dengan cara ini, kalian bisa menghapus cache satu aplikasi atau game saja, misal ML, atau Facebook begitu. Untuk caranya, bisa dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Buka Pengaturan.

2. Pilih Aplikasi atau Manajer Aplikasi.

3. Cari dan tekan aplikasi yang ingin dihapus cachenya. Jika aplikasi yang dicari tidak ada, tekan titik tiga di pojok, pilih Tampilkan Semua Aplikasi.

Cara clear cache di android

4. Klik Hapus Cache atau Hapus Memori. Jika tidak ada pilihan tersebut, tekan dulu Penyimpanan, lalu hapus cache atau clear cache.

Cara clear cache di android

5. Ulangi langkah di atas jika ingin menghapus cache aplikasi yang lain.

Dengan memakai cara ini memang cukup lama, namun sangat tertarget. Untuk itu, kami sangat menyarankan kalian memakai cara clear cache di smartphone yang satu ini. Namun jika ingin lebih efisien, pilih saja yang tutorial nomor satu ya.

3. Cara Hapus Cache Browser


Browser sangat identik dengan cache, bahkan mereka adalah salah satu penyumbang cache terbesar. Untuk itu, kami sangat menyarankan kalian untuk menghapus cache di browser chrome, opera, uc browser, firefox, dan sebagainya. Untuk panduan menghapusnya, lakukanlah langkah penghpusan berikut ini :

1. Buka browser, pada langkah ini kami memakai Chrome.

2. Tekan titik tiga di pojok, lalu pilih Histori.

3. Pilih Hapus Data Browsing.

Cara clear cache di android

4. Pilih Lanjutan.

5. Rentang waktu kalian pilih Semua. Lalu conteng Cookie dan sata situs dan Gambar dan file dalam cache.

6. Klik Hapus Data.

Cara clear cache di android

7. Jika muncul peringatan, tekan saja Hapus.

Cara clear cache di android

Dengan begitu, semua data cache yang ada di dalam chrome akan terhapus. Jika untuk menghapus cache browser lain, caranya sendiri hampir serupa, cukup buka Histori lalu hapus cache. Jika kalian belum tahu cara menghapus cache di browser lain, maka bisa menanyakannya di kolom komentar.

Baca Juga

4. Cara Clear Cache dengan Aplikasi


Untuk yang tidak ingin bingung tentang proses menghapus cache, maka bisa dengan mengunduh aplikasi penghapus cache terbaik di android. Ada banyak sekali aplikasinya, kalian bahkan bisa dengan mudah menemukannya di Google Playstore. Berikut adalah langkah-langkah menghapus cache aplikasi di semua telepon android :

1. Download aplikasi pembersih cache. Cari saja "Cache Cleaner" di Play Store, kemudian pilih aplikasi yang menurut kalian bagus. Ada CCleaner, Clean Master, Phone Cleaner, dll.

2. Kami disini baru saja mencoba Phone Cleaner. Bagi yang tertarik silahkan unduh, klik Download Phone Cleaner.

3. Buka aplikasinya.

4. Tekan Pembersih Sampah.

Cara clear cache di android

5. Tunggu beberapa detik.

6. Tekan Bersihkan.

Cara clear cache di android

7. Maka cache di ponsel kalian sudah dihapus oleh aplikasi ini.

Tidak hanya Phone Cleaner saja yang bagus, masih ada banyak aplikasi pembersih sampah dan cache apk di android dengan aneka fitur. Kami memberikan tutorial memakai phone cleaner karena ratingnya cukup bagus, karena saat itu ratingnya adalah 4.7 dari 320.000+ orang yang memberi ulasan. Dengan memakai cara ini, maka bisa menghapus cache di hp samsung, oppo, vivo, xiaomi, asus, lenovo, dan hp lain di semua seri.

Apa Dampak Menghapus Cache?


Setelah cache di hapus, maka akan ada dampak yang ditumbilkan. Beberapa dampak yang bisa saja terjadi terbagi menjadi dua, yakni positif dan negatif. Agar tak penasaran, langsung saja lihat dampak yang ditimbulkan setelah cache dibersihkan berikut ini :

  1. Ruang penyimpanan bertambah
  2. Performa HP makin cepat
  3. Terkadang bisa mengatasi HP/aplikasi yang bermasalah
  4. Otomatis Log Out atau keluar dari akun
  5. Browser bisa lebih melambat
  6. Riwayat pencarian hilang
  7. Dan lain-lain

Ketujuh hal di atas memang bisa saja terjadi, namun bisa juga tidak terjadi. Jadi sebelum menghapus cache di handphone, kalian pertimbangkan saja dulu hal-hal di atas.


Artikel mengenai apa itu cache atau tembolok, dampaknya, fungsinya, dan cara menghapusnya di atas kami harapkan bisa membantu kalian semua. Jika ada yang perlu ditanyakan, maka bisa menanyakannya lewat kolom komentar yang ada di bawah. Jika tidak ada silahkan hubungi kami dengan menekan Contact Us.

0 komentar

Posting Komentar