Senin, 14 Januari 2019

Cara Menulis Bahasa Arab di Semua Android dengan Harakat

Cara menulis bahasa Arab di Android menjadi hal yang sangat sering dicari oleh orang-orang. Menggunakan bahasa arab sebagai bahasa pengetikan dimaksudkan untuk banyak hal. Ada yang mengetik arab untuk menulis ayat Al-Quran, menulis Hadits, atau menulis kitab. Ada juga yang menulis arab untuk membuat nama atau story whatsapp agar terlihat makin keren.

cara menulis arab di android

Untuk bisa menulis arab di android kalian, maka yang harus dilakukan adalah dengan memiliki aplikasi keyboard. Biasanya, keyboard bawaan sudah mendukung proses mengetik arab, namun bila masih belum, maka bisa mendownload aplikasi untuk menulis arab di Play Store. Untuk memudahkan kalian dalam menulis arab, maka di bawah ini ada berbagai macam cara membuat tulisan arab buat status wa atau untuk hal-hal lain. Berikut merupakan daftar menu yang ada di artikel ini, silahkan tekan sesuai dengan jenis hp kalian agar lebih mudah :

Daftar Menu


1. Cara Menulis Arab di Android Untuk HP Samsung
2. Cara Mengetik Arab di Android Untuk HP Xiaomi
3. Cara Menulis Arab di Android Untuk Semua HP
4. Cara Memberi Harakat pada Tulisan Arab di Android

Cara Menulis Arab di Android Samsung


Bagi yang memiliki hp dengan merk Samsung, cara di yang akan kami berikan adalah menggunakan keyboard default bawaan Samsung. Jadi kalian tidak perlu lagi mendownload aplikasi keyboard dari Play Store. Untuk setting keyboard agar bisa menulis huruf arab di hp samsung adalah dengan cara di bawah ini :

1. Pertama-tama, masuklah dulu ke 'Pengaturan'.

2. Cari dan tekan pilihan 'Bahasa dan Masukan'

cara menulis arab di hp samsung

3. Pastikan keyboard Default adalah Papan tombol Samsung agar cara menulis arab di Samsung sukses.

cara menulis arab di hp samsung

4. Jika sudah, pilih 'Papan tombol Samsung' yang ada di bawah menu Papan tombol dan metode masukan.

cara menulis arab di hp samsung

5. Pilih '+ Tambahkan Bahasa Input'.

cara menulis arab di hp samsung

6. Cari dan pilih 'العربية'.

cara menulis arab di hp samsung

7. Apabila mendapatkan perintah untuk mendownload bahasa arab, maka lakukan saja. Tekan OK bila ada notifikasi Sambung melalui jaringan seluler.

cara menulis arab di hp samsung

8. Tunggu sampai proses download selesai, maka nantinya bahasa Arab sudah terpasang di ponsel kalian.

cara menulis arab di hp samsung

9. Cobalah gunakan keyboard untuk mengetik.

10. Maka keyboard masih berbahasa Indonesia dengan abjad ABC.

11. Cara setting keyboard android agar bisa mengetik arab adalah dengan menekan lama tombol spasi yang ada tulisan Bahasa Indonesia'nya. Lalu sambil ditekan, arahkan ke kiri atau ke kanan sampai Bahasa Indonesia berubah jadi 'العربية'.

cara menulis arab di hp samsung

12. Jika sudah, maka papan ketik samsung sudah bisa buat mengetik arab.

cara menulis arab di hp samsung

13. Bagi yang ingin mengembalikan keyboard samsung seperti semula, yakni mengembalikannya ke bahasa Indonesia, ulangi saja proses nomor 11. Yaitu dengan menekan lama spasi yang bertuliskan 'العربية' menjadi 'Bahasa Indonesia'.

Cara Menulis atau Mengetik Tulisan Arab di Xiaomi


Bagi yang memiliki hp dengan merk Xiaomi, ada cara lain untuk mengubah keyboard menjadi arab. Caranya sendiri hampir mirip dengan proses hp samsung di atas. Agar lebih jelas, bisa dengan memperhatikan tutorial menambah bahasa arab di Android Xiaomi :

1. Seperti biasa, masuk terlebih dahulu ke 'Setelan'.

2. Cari dan pilih 'Setelan Tambahan'.

3. Pilih 'Bahasa dan Masukan'.

4. Biasanya, ponsel Xiaomi sudah langsung support GBoard, yakni aplikasi keyoard buatan Google.

5. Maka, untuk pilihan 'Keyboard saat ini', pastikan sudah GBoard.

6. Jika sudah, pilih 'GBoard' yang ada di bawah Keyboard saat ini.

7. Pilih 'Bahasa'.

8. Tekan 'Tambahkan Bahasa'.

9. Scroll ke bawah, cari lalu pilih 'Arab'.

10. Maka akan ada pilihan antara Arab, Arab (Gulf), dan Arab (Maroko), serta pilihan lain. Pilih saja yang 'Arab' biasa tanpa embel-embel.

11. Tekan 'Selesai'

12. Jika sudah, maka hp xiaomi kalian sudah bisa mengetik tulisan arab buat status whatsapp.

13. Cara setting keyboardnya adalah, dengan menekan gambar berbentuk dunia yang ada di bawah sampai keyboard berubah menjadi huruf hiajiyyah (arab).

14. Selain dengan menekan gambar dunia, Kalian juga bisa menekan lama tombol spasi, lalu pilih Arab Gboard.

cara menulis arab di hp xiaomi

15. Silahkan kalian menulis sesuka hati, entah menulis arab untuk status wa, membuat nama dengan tulisan arab, atau untuk menulis ayat-ayat berbahasa Arab.

16. Bila ingin mengembalikan keyboard kembali berbahasa Indonesia, cukup tekan lama spasi lalu pilih 'Bahasa Indonesia'. Atau bisa juga dengan menekan gambar dunia sampai huruf kembali alfabet.

Cara Menambah Bahasa Arab di Android dengan Aplikasi Keyboard


Apabila kalian kurang suka dengan aplikasi keyboard bawaan, maka kalian bisa menggunakan keyword pihak ketiga yag ada di play store. Cara ini juga bisa diterapkan di hp selain Xiaomi dan Samsung, sehingga bisa menjadi cara menulis arab di hp asus, oppo, advan, dan merk-merk lain. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Download aplikasi tulisan arab untuk hp android, salah satu yang kami sarankan adalah GBoard, karena buatan Google. Jika kurang suka, silahkan pilih keyboard lain yang ada di Kumpulan Aplikasi Keyboard Android Terbaik.

2. Untuk tutorial kali ini, kami memakai GBoard, jadi bisa langsung mendownload aplikasinya di Playstore dengan cara menekan Download GBoard.

3. Setelah terinstall, buka aplikasinya, lalu ikuti langkah-langkahnya. Seperti mengganti keyboard, metode masukan, dan lain-lain. Saat langkah tersebut, pilih saja GBoard.

4. Selanjutnya pilih 'Bahasa'.

cara menulis arab di hp android

5. Jika GBoard kalian masih menggunakan bahasa sistem, maka hilangkan centeng hijaunya.

6. Setelah itu, scroll ke bawah, cari dan pilih 'Arab'.

cara menulis arab di hp android

7. Jika sudah, silahkan kembali atau tutup aplikasi GBoard-nya.

8. Gunakanlah keyboard kalian, entah di whatsapp atau di tempat lain.

9. Maka keyboard masih berbahasa Indonesia dengan tulisan alfabet. Untuk mengganti bahasanya menjadi arab, tekan 'gambar dunia' sampai muncul huruf arab. Atau dengan menekan 'tombol spasi' lama dan memilih 'Arab' yang GBoard.

cara menulis arab di hp android

10. Maka kalian sudah bisa berkreasi dengan menggunakan bahasa arab.

11. Bila ingin mengembalikan keyboard kembali berbahasa Indonesia, cukup tekan lama spasi lalu pilih 'Bahasa Indonesia'. Atau bisa juga dengan menekan gambar dunia sampai huruf kembali alfabet.

Cara Memberi Harakat pada Tulisan Arab di Android


Bagi yang ingin menambahkan harakat agar tulisan arab makin mudah dibaca, maka gunakanlah aplikasi keyboard berbahasa Arab. Keyboard tersebut salah satunya adalah GBoard, jadi agar bisa menambah harakat, iktuti saja langkah-langkah yang kami berikan pada tutorial Cara Menambah Bahasa Arab di Android dengan Aplikasi Keyboard di atas. Untuk hp xiaomi, tidak perlu lagi memasang keyboard GBoard, karena xiaomi sudah langsung mendukung GBoard. Untuk langkah cara memberi harakat pada tulisan arab gundul, bisa mengikuti tutorial ini :

1. Pastikan keyboard default sudah 'GBoard' dan sudah terpasang bahasa Arab. Seperti tutorial yang ada di atas.

2. Tulis huruf arab sesuka hati. Misalnya disini kami akan menulis 'Muhammad' atau 'محمد'.

cara menulis arab di hp android

3. Terlihat di gambar masih belum ada harakatnya, untuk memberi harakat, tekan lama titik yang ada di bawah, dekat dengan tombol 'Enter'. Saat menekan lama, langsung pilih harakat mana yang akan dipilih.

cara menulis arab di hp android

4. Kalian bisa memberi harakat saat sudah menjadi kalimat atau saat masih satu huruf. Lakukan saja sesuai dengan keinginan kalian.

cara menulis arab di hp android

5. Maka tulisan arab yang kalian ketik sudah memiliki harakat.

Cara Menulis Arab di Android dengan cara menambah bahasa arab di keyboard android di atas bisa kalian praktekkan di semua hp. Selain itu, ada juga bonus cara memberi harakat pada tulisan arab gundul yang ada di artikel ini. Caranya tergolong mudah dan dibahas dengan lengkap, jadi apabila ada yang belum dipahami, tanyakan saja di kolom komentar.

0 komentar

Posting Komentar