Minggu, 10 Desember 2017

11 Aplikasi Keyboard Android Terbaik dan Paling Ringan

Sebagai pengguna smartphone, setiap harinya pasti harus berhubungan dengan yang namanya keyboard. Hal ini dikarenakan, keyboard merupakan tempat nangkringnya aneka huruf, angka, symbol, hingga emoticon untuk keperluan menulis. Maka dari itu, keyboard sangat dibutuhkan dalam kehidupan mengetik sehari-hari melalu ponsel. Sebab alasan itulah kini telah muncul aneka aplikasi keyboard terbaik tahun 2018 yang kebanyakan sangat ringan.

aplikasi keyboard terbaik

Tidak hanya berisi kumpulan huruf saja, sekarang ini keyboard-keyboard tersebut bahkan berisi gambar emoticon yang cantik. Aneka aplikasi keyboard emoticon atau emoji sekarang ini semakin pesat pertumbuhannya. Tak hanya emoji saja, yang menjadi daya tarik utama penggantian keyboard bagi pengguna android adalah karena mereka ingin mengganti latar belakang papan ketik tersebut. Tak hanya dengan tema bawaan, beberapa aplikasi keyboard bahkan menawarkan fitur yang bisa mengganti background tersebut dengan foto yang ada di galeri.

Jadi para penggunanya bisa mengubahnya menjadi foto diri sendiri, pacar, motor, hingga karakter dari film kesukaan. Dengan semakin banyaknya minat pada keyboard, maka modandro.com telah merilis datar 11 aplikasi keyboard apk android paling bagus, terkeran, dan teringan yang bisa kalian download dengan gratis berikut ini :

1. Swiftkey


Aplikasi ini menawarkan keyboard android terbaik dengan keunggulan cukup banyak. Pertama adalah pada tampilan keyboardnya. Jika memakai Swiftkey, maka yang ditampilkan adalah aneka macam tema keyboard yang elegan dan enak dipandang. Kedua adalah beraneka ragamnya bahasa yang bisa dipilih untuk memprediksi kata. Tidak hanya bahasa Indonesia dan Inggris saja, melainkan hampir seluruh bahasa ada. Bahkan bahasa daerah layaknya Jawa dan Sunda juga ikut nampak.

aplikasi keyboard terbaik swiftkey

Huruf Hijaiyyah khas Arab juga bisa diatur untuk dijadikan papan kunci. Aplikasi Swiftkey merupakan salah satu aplikasi keyboard bahasa arab terbagus dengan ukura kecil yang bisa dipakai. Kelebihan selanjutnya adalah pengaturan yang ada sangat beragam, kalian bisa mengatur besar kecilnya keyboard, menjadi keyboard yang melayang, dan lain-lain. Terakhir, adanya statistik data dari pengetikan pengguna. Misalnya seberapa banyak kata diprediksi dan diselesaikan.

Cara memasangnya cukup Download Aplikasi Swiftkey Keyboard kemudian setelah diinstal aturlah sesuai keinginan. Jangan lupa pasang swiftkey sebagai keyboard utama kalian.

2. TouchPal


TouchPal menawarkan papan ketik dengan skin yang beraneka warna. Selain skin dengan tampilan diam, ada juga yang berbentuk animasi. Dapat dikatakan TouchPal adalah papan ketik animasi untuk android terbaik saat ini. Keunggulan dari TouchPal adalah adanya macam-macam bentuk emoji yang bisa dipilih oleh pemakainya. Jika tidak puas dengan emoji bawaan, kalian bisa mengunduh skin emoji lain sesuai dengan keinginan.

aplikasi keyboard terbaik

Aplikasi keyboard emoticon ini terbilang memiliki fasilitas lengkap. Mulai dari prediksi kata, pengaturan ukuran papan ketik, hingga adanya fitur yang mempermudah copy paste teks. Ada juga fitur pencarian untuk mencari tulisan tertentu. Dan yang menjadi nilai lebihnya adalah, TouchPal merupakan aplikasi papan ketik foto custom. Sehingga kalian bisa mengatur background hingga warna keyboardnya sendiri dengan imajinasi sendiri.

Agar memudahkan kalian dalam memiliki aplikasi ini, silahkan download TouchPal via Google Drive. Cara memasangnya hanyalah dengan mengaktifkan TouchPal sebagai papan ketik default. Kemudian sesuaikan saja temanya sesuai keinginan.

3. My Photo Keyboard


Sesuai dengan namanya, My Photo Keyboard adalah papan ketik yang bisa menampilkan foto kita sendiri. Kalian hanya perlu mengunggah fotonya lewat pilihan “Choose” kemudian pilih foto tersebut pada “My Background”. Dengan begitu, foto kalian akan otomatis tersimpan menjadi latar belakang keyboard.

aplikasi keyboard terbaik my photo

Namun tidak hanya foto kalian saja yang bisa ditampilkan, aplikasi ini juga memberikan tema yang memiliki tampilan unik. Untuk memasangnya, langsung saja unduh My Photo Keyboard. Jika ingin diterapkan sebagai keyboard ponsel, pada menu “Enable Keyboard” dan “Set Input Method” pilihlah My Photo Keyboard. Keunggulannya jelas terletak pada ukuran apk-nya, karena papan ketik ini adalah aplikasi keyboard paling ringan dengan ukuran Cuma 8 Mb saja.

4. Multiling O Keyboard


Bisa dibilang Multiling O Keyboard adalah keyboard android paling ringan pada 2018. Hal ini disebabkan kepintaran mereka dalam mengatur layout aplikasi, karena tampilannya sangat sederhana. Sedangkan untuk mengatur prediksi bahasa, kalian harus mendownload plugins bahasa secara terpisah. Selain bahasa, hal lain seperti tema, layout, autotext, dan dictionaries juga harus diunduh sendiri.

aplikasi keyboard terbaik multiling

Wajar saja jika ukurannya hanya 470 kb atau tidak lebih dari 0.5 Mb saja. Jika tertarik memasang papan ketik super ringan ini, unduh Multiling O Keyboard terlebih dahulu. Baru kemudian pada “Enable This Keyboard” dan “Select This Keyboard” kalian bisa menyetelnya dengan pilihan Multiling O Keyboard. Sedangkan bila tidak puas dengan tema originalnya seperti gambar di atas, kalian bisa mendownload temanya sendiri. Atur saja semuanya pada menu “Settings”.

5. Kika Keyboard


Keyboard ini adalah salah satu yang paling bagus yang pernah saya gunakan. Kenapa? Karena rasanya sangat ringan dan nyaman saat digunakan untuk mengetik. Itu hanya pendapat pribadi loh ya, karena faktanya ukuran aplikasi ini cukup besar, yakni sekitar 16 Mb. Namun tetap saja saat memakainya begitu mudah untuk digunakan menulis.

aplikasi keyboard terbaik kika

Apa saja sih kelebihannya? Untuk fitur saya kira hampir sama dengan TouchPal. Namun, Kika Keyboard punya banyak tema yang beragam. Selain itu, ada juga pilihan font yang bisa dipakai oleh usernya. Sedangkan emoji dan suara adalah fitur yang ada pada TouchPal yang juga ada pada Kika. Pada saat dalam mode menulis, Kika Keyboard memiliki mode malam yang bisa diaktifkan saat malam untuk meredupkann cahaya. Ada juga menu selector untuk menyalin dan menempel, serta autocorrect untuk memperbaiki dan memprediksi kata.

Cara pasangnya adalah dengan mengunduh Kika Keyboard Free Download. Baru setelah diinstal kalian akan diminta untuk menjadikan Kika Keyboard sebagai papan ketik default. Untuk setiap pergantian tema, suara, dan font kalian harus mendownloadnya terlebih dahulu di Play Store.

6. Google Keyboard (GBoard)


Sebagai aplikasi buatan Google, rasanya Gboard tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Selain terasa ringan saat digunakan, keyboard ini juga terasa lebih elegan dari yang lain. Tema-tema yang disuguhkan sangat indah, bahkan memiliki kualitas HD. Warna untuk backgroundnya juga didesain sedemikian rupa agar tidak terlalu terang, sehingga bagus untuk mata.

aplikasi keyboard terbaik gboard

Itu saja? Tidak. Aplikasi dengan ukuran 28 MB ini juga dilengkapi dengan pilihan bahasa yang lengkap. Bahasa resmi suatu Negara hingga bahasa daerah ada semua disana. GBoard juga menawarkan background yang bisa dipasang dari galeri kalian masing-masing. Jadi Google Keyboard adalah salah satu cara mengganti background keyboard dengan foto sendiri.

Cara memasangnya sangatlah mudah, langsung download aplikasinya, Google Keyboard lalu selesai dipasang ikuti saja apa yang diperintah. Untuk pengaturan lainnya bisa dengan mudah dipahami pada menu awal. Jika ingin mengganti background dengan foto sendiri, masuk ke “Tema” lalu pada menu Khusus pilih ikon “+” dan cari sendiri fotonya.

7. Fleksy


Fleksy adalah aplikasi papan ketik yang menawarkan tema minimalis namun tetap stylish. Beberapa tema premiumnya bahkan harus diunduh dengan cara membelinya. Namun, Fleksy juga menawarkan papan ketik yang bisa dirancang dengan foto kalian masing-masing. Sehingga kalian bisa mencari aneka jenis background di mesin pencari sesuai selera. Untuk membuatnya cukup menekan tombol “+” pada menu awal di bawah “My Themes”.

aplikasi keyboard terbaik fleksy

Pada saat membuat tema, kalian bisa mengatur background, warna huruf, hingga warna pop up. Ukurannya bisa dibilang ringan daripada papan ketik lain yang bisa custom background, karena hanya 14 mb. Jadi kalau mau membuat papan ketik dengan foto pribadi, aplikasi ini adalah salah satu yang terbaik.

Memasangnya cukup dengan mengunduh aplikasinya, yakni Fleksy. Kemudian ikutilah perintah seperti mengaktifkan dan memilih Fleksy sebagai keyboard untuk proses pengetikan. Jika bahasa Indonesia belum di unduh, maka sebaiknya unduh dulu untuk menjadikannya sebagai bahasa utama untuk prediksi.

8. Swype


Sebagai salah satu keyboard untuk android paling keren, Swype + Dragon memberikan sebuah papan ketik yang mengagumkan. Aneka tema keren yang bisa kalian unduh untuk dijadikan background sangat beragam. Kelebihan lainnya adalah adanya aneka bahasa, bahkan bahasa daerah seperti Sunda dan Jawa disediakan disini.

aplikasi keyboard terbaik swype

Namun untuk bisa menjadikan bahasa-bahasa tersebut menjadi bahasa berprediksi, maka kalian harus terlebih dahulu mengunduh bahasanya. Untuk mengunduhnya, pilih menu “Bahasa” kemudian “Unduh Bahasa”. Cari saja mana bahasa yang ingin digunakan,

Jika tertarik memakainya, langsung download Swype + Dragon. Kemudian setelah sukses menginstal, ikuti perintah untuk menjadikannya sebagai papan ketik utama dari smartphone masing-masing.

9. Cheetah Keyboard


Aplikasi keyboard dengan nama cheetah Keyboard ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Misalnya proses pembuatan tema secara DIY atau membuatnya secara custom. Untuk membuat tema custom, tekan saja DIY di posisi samping, kemudian atur tema sesuai selera. Untuk memasukkan foto background, pilih saja ikon “+” atau Hot. Jika tidak tertarik membuat keyboard dengan foto sendiri, kalian bisa mencari tema dan latar belakang yang telah disediakan Cheetah Keyboard.

aplikasi keyboard terbaik cheetah

Fiturnya hampir sama dengan papan ketik lain, yakni salah satunya adalah koreksi teks. Bedanya, Cheetah memberikan fitur cukup beragam, yakni tambahan adanya saran kata atau prediksi kata, saran kontak, dan fitur otomatis untuk memblokir kata tak pantas.

Seperti biasanya, untuk menggunakannya download Cheetah Keyboard. Kemudian aktifkan dan pilih Cheetah Keyboard sebagai papan ketik utama.

10. Apple Keyboard


aplikasi keyboard terbaik apple

Butuh aplikasi keyboard ringan dan paling menarik? Maka Apple Keyboard adalah jawabannya. Ukurannya Cuma 2.5 Mb saja dan kalian sudah bisa memakai keyboard ini. Bentuknya adalah menyerupai keyboard pada smartphone Apple pada umumnya. Namun kekurangannya adalah miskin fitur, karena hanya memiliki bentuk layaknya ponsel iOS itu. Download saja aplikasi Apple Keyboard lalu langsung pasang dan ikuti perintahnya.

11. Adaptxt Keyboard


Adaptxt Keyboard menawarkan aplikasi papan tombol yang memiliki tampilan sederhana. Kalian bisa mengedit tampilan seperti tema, besar kecilnya keyboard, hingga warnanya. Di dalamnya ada fitur-fitur standar aplikasi papan ketik, layaknya auto corrections yang bisa mengoreksi dan membetulkan teks. Juga ada prediksi teks sesuai bahasa yang telah diatur sebelumnya.

aplikasi keyboard terbaik adaptxt

Untuk menginstalnya, kalian harus mendownload Adaptxt Keyboard, setelah pemasangan selesai kalian akan diminta untuk mendownload Add-Ons berupa bahasa. Setelahnya adalah dengan menjadikan Adaptxt sebagai papan ketik default dengan cara menekan “Enable”.

Di atas adalah kumpulan aplikasi keyboard android terbaik yang kaya akan fitur dengan ukuran yang kecil dan ringan. Keyboard-keyboard di atas telah saya coba sendiri dan itu adalah yang terbaik diantara yang terbaik. Ada juga aplikasi lain layaknya 8 pen Keyboard, XPeria Keyboard, dan Choorma Keyboard. Namun yang XPeria tidak dapat dipasang di ponsel saya dan Choorma tiba-tiba aplikasinya hilang.

0 komentar

Posting Komentar