Senin, 14 Januari 2019

Cara Cepat Menulis Tulisan Jepang Kanji di Android

Keyboard di android banyak yang tidak mendukung penggunaan bahasa Jepang. Oleh sebab itu, banyak orang yang mencari cara menulis huruf jepang di android agar mereka bisa mengetik dengan memakai bahasa Jepang. Orang-oramg yang mencari cara menulis semacam ini, biasanya adalah para pecinta anime atau pecinta budaya Jepang. Juga bisa dibuat gaya-gayaan di status whatsapp, namun ada pula yang menggunakannya untuk belajr bahasa negeri samurai tersebut. Selain bisa mengubah keyboard menjadi bahasa jepang, kalian juga bisa mengubahnya menjadi bahasa arab seperti dijelaskan pada Cara Menulis Arab di Android dengan Harakat.

Cara menulis tulisan jepang di andorid

Cara menulis bahasa jepang di hp bisa dilakukan dengan cara menginstall aplikasi yang mendukung penggunaan bahasa jepang. Di play store sebenarnya telah banyak bertebaran aplikasi menulis jepang dengan berbagai fitur. Ada yang buatan Google yakni, Masukan Jepang Google, lalu ada yang buatan Go Keyboard yakni Jepang untuk Go Keyboard, dan juga ada Simeji Japanese Input + Emoji. Ketiganya merupakan aplikasi terbaik untuk menulis bahasa Jepang di android saat ini, bahkan bisa mengganti tampilan. Untuk caranya silahkan baca Cara Mengubah Tampilan Keyboard di Android dengan Foto Sendiri.

Baca Juga

Untuk setting keyboard agar berbahasa Jepang, maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan mendownload salah satu aplikasi di atas. Lalu jadikan mereka sebagai keyboard default. Maka dengan otomatis keyboard kalian sudah bisa untuk mengetik tulisan Jepang. Bila bingung, di bawah ini adalah cara menulis tulisan jepang kanji, romaji, katakana, dan hiragana untuk status wa step by step.

Cara Mengetik Huruf Jepang di HP Android


1. Download aplikasi bahasa Jepang yang telah saya sebutkan di atas. Entah itu Google Masukan Jepang,
Simeji Japanese keyboard+Emoji
, atau Japanese for GO Keyboard-Emoji. Yang paling kami sarankan adalah Google Masukan Jepang, karena buatan Google.

2. Setelah aplikasinya terdownload, langsung saja buka aplikasinya.

3. Saat awal masuk, pastinya kalian disuruh memilih metode masukan. Tekan Enable In Settings lalu pilih Masukan Jepang Google.

4. Lalu pilih Select Input Method, pilih Jepang.

5. Maka kalian sudah masuk ke aplikasinya, sampai proses ini kalian sudah bisa menulis jepang di android.

6. Cobalah gunakan keyboardnya, maka keyboard sudah bisa menulis tulisan jepang.

Cara menulis tulisan jepang di andorid

7. Apabila kalian ingin mengubahnya ke huruf alfabet, tinggal meneka huruf a yang ada di pojok, maka secara otomatis keyboard akan berubah menjadi huruf alfabet.

Cara menulis tulisan jepang di andorid

8. Jika ingin kembali menggunakan bahasa jepang, maka tekan a lagi.

Kami sendiri belum mengerti apakah tutorial ini adalah cara menulis jepang kanji, hiragana, katakana, atau romaji. Jujur, kami tidak tahu menahu tentang bahasa Jepang. Di beberapa kolom komentar Play Store, ada yang mengatakan katakananya tidak ada atau kurang. Jadi apabila ingin mendapatkan huruf jepang secara lengkap, maka cobalah aplikasi lain, seperti Simeji Japanese Keyboard.

Cara Menulis Tulisan Jepang di Android dengan Simeji


Jika cara yang pertama adalah dengan menggunakan Masukan Jepang Google, maka cara selanjutnya adalah dengan Simeji Japanese Keyboard. Untuk caranya hampir serupa dengan yang di atas, namun cara yang ini menggunakan Simeji. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca tutorial mengubah bahasa keyboard ke Jepang di android :

1. Download dan install
Simeji Japanese keyboard+Emoji
.

2. Buka aplikasinya, lalu tekan Enable Simeji, kemudian pilih Simeji. Setelah itu, jadikanlah Simeji sebagai keyboard default, dengan memilih Jepang (Jepang).

Cara menulis tulisan jepang di andorid

3. Pilih tipe keyboard untuk japanese dan english. Disini saya sarankan untuk memilih Flick pada menu Japanese dan memilih QWERTY untuk English.

Cara menulis tulisan jepang di andorid

4. tekan Start Emoji, maka dengan otomatis keyboard kalian sudah berbahasa Jepang.

Cara menulis tulisan jepang di andorid

5. Silahkan keluar dari aplikasi Simeji, lalu gunakanlah keyboard, maka keyboard kalian sudah mendukung penulisan bahasa jepang.

Cara menulis tulisan jepang di andorid

6. Untuk mengubahnya menjadi keyboard qwerty, silahkan tekan A yang ada di pojok, maka otomatis keyboard berbubah menjadi alfabet.

Cara menulis tulisan jepang di andorid

7. Jika ingin mengembalikannya ke huruf kanji, maka tekan lagi A, maka akan berubah menjadi kanji.

Seperti yang kami katakan sebelumnya, kami tidak tahu ini adalah huruf Jepang jenis apa. Jadi, apabila tidak ada jenis huruf yang kalian butuhkan, maka bisa dengan mengirim feedback ke pembuat aplikasinya. Namun, kami rasa, cara menulis tulisan kanji di android tersebut sudah termasuk lengkap. Jika jenis huruf jepangnya masih kurang, silahkan coba lagi aplikasi keyboard lain, sepeti 11 Aplikasi Keyboard Android Terbaik yang telah kami pilih.

Cara Mengembalikan Keyboard Android seperti Semula


Ada saja orang yang bingung bagaimana cara mengembalikan keyboard seperti semula setelah mengganti keyboard menjadi bahasa Jepang. Caranya sendiri cukup sederhana, jika ingin mendapatkan tutorial lengkapnya beserta gambar, masuk saja ke artikel Cara Mengembalikan Keyboard Android Seperti Semula Untuk Samsung dan Xiaomi. Namun bila tak ingin repot-repot, baca saja cara di bawah ini :

1. Masuk Ke Pengaturan atau Setelan

2. Untuk Samsung, cari lalu pilih Bahasa dan Masukan. Untuk Xiaomi, pilih Setelan Tambahan, kemudian pilih Bahasa dan Masukan.

3. Untuk Samsung, Tekan Keyboard Default, lalu pilih Papan Tombol Samsung. Untuk Xiaomi, Tekan Keyboard Saat Ini, lalu pilih GBoard.

4. Maka dengan otomatis keyboard kembali seperti semula.

5. Apabila kalian ingin kembali mengubah keyboard menjadi berbahasa jepang lagi, maka caranya seperti ini. Cara Nomor 3 adalah yang paling penting, Keyboard Default dan Keyboard Saat Ini ganti saja menjadi Masukan Jepang Google atau Simeji. Maka akan berubah kembali menjadi bahasa jepang.

Tutorial Mengetik Tulisan Jepang di Youtube


Untuk kalian yang masih kesulitan dalam menulis jepang, maka bisa dengan menonton tutorialnya di youtube. Kalian bisa mencari channel Bashor Kaji atau bisa langsung menuliskan kata kunci cara menulis jepang di hp. Namun jika terlalu repot, kalian bisa menonton videonya dengan menekan Cara Menulis Tulisan Jepang Kanji di Hp Android. Tutorial tersebut cukup mudah dipahami, jadi semoga bisa membantu kalian semua.


Cara menulis tulisan jepang di android Samsung, xiami, oppo, dan asus di atas telah dijelaskan secara rinci. Bahkan disertai gambar dan diberi bonus berupa cara mengembalikan keyboard seperti semula. Apabila masih bingung, silahkan tanyakan di kolom komentar, jika bisa, kami akan membantu.

0 komentar

Posting Komentar