Selasa, 15 Januari 2019

7 Aplikasi Launcher Terbaik, Ringan, dan Keren di Android

Aplikasi launcher terbaik untuk android semakin banyak diminati oleh banyak orang. Dengan banyaknya peminat, bertambah pula pengembang atau developer yang membuat aneka jenis kauncher untuk memuaskan penggunanya. Sehingga, ada banyak sekali launcher yang bertebaran di Play Store dengan berbagai macam fitur. Karena banyaknya launcher, maka kami coba pilihan beberapa launcher terbaik apk.

download aplikasi launcher teringan keren

Namun, apakah kalian semua sudah tahu tentang apa itu launcher. Pastinya ada beberapa yang sudah mengetahuinya, namun ada juga yang belum tahu mengenai launcher. Untuk membantu kalian yang belum tahu mengenai launcher, maka akan kami berikan beberapa informasi tentangnya. Kami telah merangkumnya ke dalam menu yang ada di bawah ini, silahkan pilih sendiri.

Daftar Menu


1. Apa Itu Launcher?
2. Kenapa Aplikasi Launcher Pihak Ketiga Diminati?
3. Aplikasi Launcher Terbaik 2019
4. Cara Memasang Launcher di Android

Apa Itu Launcher?


Pengertian launcher adalah sebuah aplikasi yang mengatur tampilan hp android, mulai dari homescreen, icon aplikasi, wallpaper, dan lain-lain. Ada juga yang menyamakan launcher dengan tema, karena memiliki fungsi yang serupa. Sebenarnya, ponsel android sudah memiliki launcher bawaan, misalnya pada hp xiaomi yang memakai MIUI, Google PPixel yang memakai Pixel Launcher, dan lain-lain. Selain launcher bawaan, banyak juga launcher pihak ketiga yang malah lebih diminati, sehingga orang-orang banyak yang mencari aplikasi tema terbaik paling keren untuk android buatan pihak ketiga.

Kenapa Aplikasi Launcher Pihak Ketiga Diminati?


Ada banyak alasan kenapa launcher pihak ketiga lebih disukai. Mulai dari sang pengguna yang kurang suka dengan launcher bawaan, bosan, dan tidak terlalu banyak fitur. Hal seperti itu kerap terjadi pada pengguna android, sehingga pengembag launcher pihak ketiga menawarkan aplikasi launcher terkeren dengan tampilan menarik dan bisa dimodifikasi sedemikian rupa. Hal tersebutlah yang membuat launcher pihak ketiga lebih diminati.

Aplikasi Launcher Terbaik 2019


Untuk memudahkan kalian dalam mencari aplikasi tema terbaik dengan berbagai fitur, kami telah merangkum beberapa launcher. Launcher-launcher tersebut sudah sangat dikenal oleh banyak orang, sehingga tidak perlu dipertanyakan lagi kualitas dan fiturnya. Bila kalian ingin download aplikasi launcher paling bagus tersebut, silahkan download di Play Store atau di tempat lain. Kebanyakan adalah aplikasi gratis, walaupun ada yang berbayar, namun itu untuk fitur premium. Berikut merupakan daftar launcher keren tersebut :

1. Nova Launcher


Bagi alian yang mencari aplikasi launcher paling ringan, maka jawabannya adalah Nova Launcher. Ukuran launchernya sendiri, tidak sampai 10 mb, sehingga akan sangat ringan bila digunakan. Secara fitur memang tidak terlalu banyak, namun bagi yang suka launcher simple, nova launcher adalah yang paling tepat. Dengan ukuran yang kecil, fiturnya bisa dibilang lengkap dan tidak ada duanya.

Dengan nova launcher, kalian bisa mengatur berbagai hal. Seperti mengatur drawer, entah itu berbentuk kartu atau luas, diusap keatas atau dengan tombol, dan lain-lain. Ikon-ikon aplikasi juga bisa diatur sesuka hati, entah itu seperti ikon marshmellow, oreo, atau ikon sistem bawaan hp. Kalian juga bisa mengatur dok, folder, drawer, dan desktop sesuka hati. Dengan ukuran sekecil itu, fitur yang diberikan Nova Launcher terbilang banyak, sangat tepat jika dijuluki Launcher terbaik 2019. Di bawah ini adalah contoh tampilan nova launcher di ponsel lollipop dan pengaturan yang ada di nova launcher.

nova launcher

Bagi yang ingin mendownloadnya, silahkan cari di Palystore, atau jika tidak ingin repot-repot, silahkan klik Download Nova Launcher Gratis

2. Evie Launcher


Selain Nova, launcher lain yang sangat ringan adalah Evie Launcher. Secara fitur mungkin tidak sebanyak apa yang diberikan oleh Nova, namun Evie tetap memiliki kelebihan tersendiri. Bisa dibilang Evie merupakan aplikasi launcher tercepat saat ini. Hal itu dikarenakan ukurannya yang hanya sekitar 10 mb, wajar jika sangat ringan dan cepat.

Terdapat dua jenis menu untuk menampilkan aplikasi, yakni berbentuk daftar dan baris, keduanya sendiri memiliki tampilan yang bagus dan enak dipandang. Setiap aplikasinya diurutkan berdasarkan abjad, dan diurutan yang paling atas adalah aplikasi yang baru saja terpasang. Ciri khas dari aplikasi launcher tercepat ini adalah, tampilan drawernya yang nge-blur, sehingga terlihat lebih keren dan cool. Berikut merupakan tampilan layar utama dan drawernya :

evie launcher

Bagi yang ingin mendownloadnya, silahkan cari di Palystore, atau jika tidak ingin repot-repot, silahkan klik Download Evie Launcher Gratis

3. Microsoft Launcher


Microsoft meluncur sebuah peluncur dengan fitur yang beragam yang ada pada diri Microsoft Launcher. Ukurannya memang cukup besar dibanding dua launcher di atas, akan tetapi fitur yang diberikan Microsoft Launcher cukup banyak. Dengan memakai launcher ini, maka kalian bisa mengatur banyak hal, mulai dari dock, drawer, tema, wallpaper, ikon, dan lain-lain. Sangat tepat bila menyebut launcher ini sebagai salah satu aplikasi launcher tanpa iklan terbaik.

Tidak hanya bisa menyesuaikan banyak hal, Microsoft Launcher juga bisa dihubungkan dengan akun Microsoft kalian. Sehingga kalian bisa mendapat umpan hasil personalisasi, mengetahui hasil pencarian, dan lain-lain. Fiur lainnnya adalah, adanya Microsoft Timeline, yakni fitur yang menyerupai Google Cards, sehingga dengan mudah melihat berita, kalender, catatan, dan lain-lain. Microsoft Launcher juga memiliki pembersih RAM sendiri, sehingga bisa membersihkan RAM tanpa perlu menginstall pembersih lain. Berikut merupakan tampilan dari Microsoft Office, aplikasi launcher terkeren di dunia :

microsoft launcher

Bagi yang ingin mendownloadnya, silahkan cari di Palystore, atau jika tidak ingin repot-repot, silahkan klik Download Microsoft Launcher Gratis

4. Google Now Launcher


Tidak hanya Micrrosoft, Google yang merupakan saingannya juga membuat aplikasi launcher untuk android terbaik. Peluncur terbaik tersebut adalah Google Now Launcher. Ukurannya yang kecil menjadi salah satu keunggulannya, karena sangat ringan, cepat, dan efisien. Namun dengan ukuran yang kecil, maka fitur-fitur yang diberikan tidak terlalu banyak. Google Now sendiri akan sangat tepat bila dipakai orang yang mencari aplikasi launcher ringan paling cepat.

Setelah memasang Google Now, tampilan yang berubah hanyalah home screen dan drawer. Untuk home screen, diberi sebuah dock yang bisa dikostumisasi sendiri oleh penggunanya. Untuk bagian drawer, tampilannya tidak terlalu mewah dan minim perubahan. Tampilannya sendiri menyerupai Google Pixel, sehingga aplikasi ini sangat cocok bagi android non-pixel. Ini bisa dibilang sebagai launcher terbaik untuk kitkat dan lollipop. Berikut merupakan tampilan dari Google Now :

google now launcher

Bagi yang ingin mendownloadnya, silahkan cari di Palystore, atau jika tidak ingin repot-repot, silahkan klik Download Google Now Launcher Gratis

5. Buzz Launcher


Salah satu launcher yang memiliki tampilan yang memukau dan banyak fitur adalah Buzz Launcher. Tampilannya yang unik dan berbeda dari yang lain menjadi kelebihan dari peluncur yang satu ini. Kalian bisa mengkostumisasi apapun, mulai dari tampilan, tema, home screen, dan lain-lain menggunakan Buzz Launcher. Akan sangat wajar bila menjadikannya aplikasi launcher paling unik.

Tidak hanya mengandalkan kemampuan kostumisasinya yang lengkap, Buzz Launcher juga memiliki fitur-fitur lain. Seperti Homepack Buzz, yakni sebuah layanan yang menampilkan banyak sekali tema buatan user. Kalian bisa memilih tema yang kalian inginkan, disana ada banyak sekali tema terbaik. Ada juga fitur pembersih RAM, sehingga bisa dengan mudah membersihkan RAM hanya dengan sekali sentuh. Wajar jika menjadikan Buzz sebagai aplikasi tema terbaik dan terkeran untuk android. Seperti inilah tampilan dari launcher ini :

buzz launcher

Bagi yang ingin mendownloadnya, silahkan cari di Palystore, atau jika tidak ingin repot-repot, silahkan klik Download Buzz Launcher Gratis

6. Action Launcher


Launcher dengan kostumisasi paling lengkap selanjutnya adalah Action Launcher. Dengan menggunakan peluncur ini, kalian bisa dengan leluasa mengatur tampilan setiap bagian android. Seperti drawer, dock, tema, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan tampilan. Bagi yang ingin mengkostumisasi androidnya dengan tampilan yang unik, keren, dan cool, tak ada salahnya menggunakan action launcher.

Yang unik dari action launcher adalah, apabila kalian mengusap layar depan ke kiri atau ke kanan, maka kan muncul sebuah menu. Dengan begitu, akan memudahkan kalian dalam mencari sebuah widget atau aplikasi. Berikut merupakan beberapa tampilan dari salah satu aplikasi launcher terkeren dan paling bagus ini :

action launcher

Bagi yang ingin mendownloadnya, silahkan cari di Palystore, atau jika tidak ingin repot-repot, silahkan klik Download Action Launcher Gratis

7. Smart Launcher 5


Sakah satu aplikasi launcher ringan ram yang unik dan keren adalah Smart Launcher 5. Yang unik dari aplikasi ini adalah, untuk membuka kumpulan aplikasi, kalian hanya perlu mengusapnya ke kanan. Disana setiap aplikasi telah dikelompokkan, seperti komunikasi, media, internet, game, dan lain-lain. Hal tersebut tentu akan mempermudah pengguaan launcher ini.

Tidak hanya fitur usap ke kanannya saja yang unik, kalian juga bisa mengusap layar ke atas bila ingin mencari aplikasi. Tinggal ketik aplikasi apa, maka akan muncul aplikasi yang dicari. Sangat mudah dan praktis bukan. Tidak hanya itu, Smart Launcher 5 juga mendukung aneka penyesuain, sehingga kalian bisa menyesuaikan tema, latar, dan lain-lain. Yang sangat disayangkan adalah, aplikasi launcher terbaik ini memiliki iklan, sehingga harus dinaikkan ke premium agar iklan hilang. Berikut adalah tampilannya :

smart launcher 5

Bagi yang ingin mendownloadnya, silahkan cari di Palystore, atau jika tidak ingin repot-repot, silahkan klik Download Smart Launcher 5 Gratis

Cara Memasang Launcher di Android


Banyak orang yang masih belum paham tentang cara memasang launcher di perangkat androidnya. Caranya sendiri terbilang gampang dan tidak terlalu memakan banyak waktu. Berikut merupakan cara memasang launcher terbaik di android :

1. Pilih salah satu launcher paling bagus di atas.

2. Download dan install aplikasinya, bisa dengan menekan link download aplikasi tema terbaik dan terkeren yang telah kami berikan di atas.

3. Setelah terpasang, buka aplikasinya.

4. Saat terbuka, ada beberapa launcher yang menyuruh kalian untuk mengatur atau setting tampilan, setting saja dulu sesuai keinginan. Jika tidak ada settingan, langsung saja ke nomor 5.

5. Silahkan tekan tombol home.

6. Pasti ada notifikasi pilih peluncur atau pilih launcher. Pilih saja launcher yang kalian install tadi, misalnya Nova Launcher.

7. Maka tampilan android kalian sudah berubah.

8. Jika ingin mengembalikan tampilan seperti semula, hapus saja aplikai launcher tersebut.

Di atas merupakan 7 aplikasi launcher terbaik 2019 untuk android. Ada launcher yang ringan, cepat, unik, 3d, gratis, tanpa iklan, dan laucher terbaru. Semuanya sama-sama bagus, kalian tinggal memilih salah satunya saja untuk djadikan launcher android kalian. Bila ada yang belum paham atau ingin ditanyakan, silahkan bertanya di kolom komentar.

0 komentar

Posting Komentar