Jumat, 01 Maret 2019

2 Cara Mudah Memotong atau Crop Video di Android

Cara Crop Video di Android - Pengertian video adalah kumpulan frame gambar yang diputar dalam waktu cepat. Dengan waktu pemutaran yang cepat, maka terciptalah sebuah gambar bergerak yang lazim disebut dengan video. Biasanya, orang-orang mendapat sebuah video dari perekaman, hingga membuatnya sendiri dengan aplikasi khusus. Setelah video jadi, orang-orang juga kerap mengeditnya, entah menambah efek, menambah audio, atau memotong video.

Cara crop video di android

Seperti disebutkan di atas, dengan semakin berkembangnya zaman video bis diubah sesuai dengan selera. Hal tersebut bisa dilakukan dengan aplikasi video editing, entah di hp android, iphone, ataupun pc. Salah satu proses editing video yang kerap dilakukan adalah, crop video. Crop sendiri berarti memotong video, sehingga resolusi ataupun durasi bisa dipotong atau diubah.

Orang-orang memotong video biasanya ditujukan agar durasi video makin ringkas, ukuran mengecil, dan bisa menampilkan video yang penting saja. Hal ini terjadi karena biasanya saat perekaman ada adegan yang kurang penting atau ada adegan yang terlau panjang. Cara crop video di android, laptop, atau iphone sebenarnya sangat mudah, karena telah banyak bertebaran aplikasi untuk melakukannya.

Bagi kalian yang belum tahu tentang cara memotong video di android, pastinya sedang bertanya-tanya caranya. Kalian akan menanyakan bagaimana cara memotong video di android dengan dan tanpa aplikasi. Untuk itu, kami akan memberikan panduan mengenai caranya dengan lengkap dan semoga saja bisa mudah dipahami.

Baca Juga


Cara Crop Video dengan Aplikasi Editing Lengkap


Cara nomor satu yang akan kami sarankan menggunakan sebuah aplikasi yang terbilang cukup lengkap. Aplikasi untuk crop video di android tersebut bahkan bisa melakukan berbagai macam hal, sehingga sangat bermanfaat. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut adalah cara memotong video dengan android lewat aplikasi InShot :

1. Download Aplikasi InShot di play store. Aplikasi ini bisa dipasang di iphone ataupun android, jadi sangat bagus. Untuk yang tidak ingin repot, download saja dengan klik Download InShot di Play Store.

2. Buka aplikasinya.

3. Tekan Video.

Cara crop video di android

4. Pilih video yang akan dipotong, lalu tekan Conteng.

Cara crop video di android

5. Maka kalian akan masuh ke halaman editing.

6a. Bagi yang ingin tahu cara crop resolusi video di android, maka pilih Potong. Lalu, pilih resolusi yang diinginkan, 1:1, 4:5, 16:9, 9:16, 3:4, 4:3, dan resolusi lainnya.

Cara crop video di android

6b. Bagi yang ingin tahu cara memotong durasi video di android, maka pilih Trim. Lalu, maju mudurkan selector untuk memotong durasinya.

Cara crop video di android

6c. Bagi yang ingin tahu cara edit crop video per clip, maka pilih Trim lalu tekan Cut. Silahkan kalian maju mundurkan selector untuk memilih bagian yang dipilih.

Cara crop video di android

6d. Bagi kalian yang ingin tahu cara crop split video, maka pilih Trim lalu tekan Split. Kalian hanya perlu mengatur selector sesuai selera.

Cara crop video di android

7. Jika sudah, tekan Simpan yang ada di pojok.

Cara crop video di android

Dengan menggunakan aplikasi InShot, kalian bisa nge crop video di android dengan banyak pilihan. Akan tetapi, aplikasi untuk crop, cut, trim, dan split video lewat android tersebut memiliki iklan, jadi agak sedikit mengganggu. Namun jika kalian mau menghilangkannya, beralih ke versi pro agar iklan hilang dan mendapat banyak fitur premium.

Oh ya, di atas terdapat 4 poin yang muncul pada nomor 6. Kalian bebas memlih tipe crop mana yang akan kalian terapkan pada video terkait. Jika ingin mengubah resolusi video, pakai cara a. Jika ingin memperpendek durasi, pakai cara b. Apabila ingin melakukan crop pada bagian tertentu, misal pada bagian tengah saja, maka pakai cara c. Kalian hanya perlu memilih sesuai keinginan.

Baca Juga

Cara Crop Video di Android dengan Aplikasi Ringan


Jika kalian merasa aplikasi InShot terlalu berat, maka kalian bisa memakai aplikasi lain. Salah satu yang sangat kami sarankan adalah Video to Mp3 Converter yang juga dibuat oleh pengembang yang sama dengan InShot. Aplikasi tersebut sebenarnya lebih ditujukan untuk mengubah video menjadi mp3 dan untuk memotong lagu, namun ternyata juga bisa untuk memotong video. Berikut adalah langkah-langkah untuk memotong video di hp android :

1. Download aplikasi Video to Mp3 Converter di playstore. Jika ingin lebih mudah, tekan Video to Mp3 Converter. Ukurannya sekitar 10 mb, beda dengan InShot yang mencapai 27 mb.

2. Tekan Pemotong Video.

3. Pilih Videonya.

4. Gerakkan selector ke kanan atau kiri sesuai keinginan untuk memotongnya.

Cara crop video di android

5. Jika sudah, tekan Centang di pojok atas.

Cara crop video di android

6. Atur resolusi dan mode konversi serta nama, lalu tekan Convert.

7. Selesai, video telah di potong.

Jika kalian memakai cara nomor dua ini, maka yang kalian dapatkan hanyalah fitur memotong video saja. Jika di aplikasi InShot, cara seperti ini bisa dilakukan dengan memakai fitur Cut. Jadi bisa dibilang, aplikais ini memungkinkan kita untuk cut video lewat android. Selain aplikasi tersebut, masih ada banyak lagi aplikasi crop video android apk ukuran ringan.


Di atas merupakan dua cara untuk memotong video di hp android semua hp. Cara di atas memang bisa dilakukan untuk memotong video di hp samsung, xiaomi, oppo, asus, dan lain-lain. Bagi kalian yang merasa tutorial di atas kurang mudah dimnegerti, maka kami menyarankan untuk mengganti aplikasinya pemotong videonya, seperti aplikasi Kinemaster, Power Director, VLC, MX Player, dan lain-lain. Jika masih bingung, tanyakan saja lewat kolom komentar di bawah.

0 komentar

Posting Komentar