Sabtu, 16 Desember 2017

Cara Membuka File Office pdf, doc, xls, dan ppt di Android

Penggunaan software Office buatan Microsoft sekarang ini menjadi kiblat bagi software pengolah data. Seperti Word, rajanya pengolah kata, Excel untuk angka, dan PowerPoint sang pembuat presentasi. Maraknya pemakaian software tersebut adalah karena Windows yang menjadi raja OS komputer menjadikan Ms. Office sebagai software default. Sehingga banyak pengguna Windows memakainya. Karena sudah sangat identik dengan kmputer inilah banyak pengguna android yang tidak tahu cara membuka dan membuat file office lewat smartphone android.

cara membuka file office di android

Dengan semakin terkenalnya Microsoft Office sebagai software pengolah data, membuatnya banyak sekali jenis file yang bertebaran di internet. Ekstensi file yang dimaksud adalah PDF, DOC/DOCX, XLS, dan PPT. Namun banyak diantara para pengguna smartphone android tidak bisa membuka file office tersebut. Karena memang dokumen-dokumen office identik dengan komputer. Padahal kini telah muncul aneka aplikasi pembuka file ekstensi pdf, doc, xls, dan ppt di android.

Biasanya orang-orang akan bertanya bagaimana cara membuka file pdf di smartphone? Pertanyaan ini sering muncul karena dokumen pdf sudah sangat terkenal. Banyak Ebook dan buku-buku pelajaran berbentuk pdf begitu pula doc. Sehingga bagi siswa yang tidak mempunyai PC dan memiliki ebook pdf, maka mereka wajib membukanya di gadget agar memudahkan pembacaan. Tentunya untuk membuka file doc atau docx serta file office lain diperlukan aplikasi pihak ketiga. Apa saja itu? Berikut adalah kumpulan aplikasi office android apk terbaik tahun 2018 menurut modandro.com.

WPS Office, aplikasi android apk terbaik 2018 untuk membuka dan mengedit file office


cara membuka file office di android

Salah satu yang paling saya sarankan bila dipakai untuk membuka file office di smartphone kalian. Aplikasi garapan Kingsoft Ofice Corporation ini hanya memiliki ukuran 40 MB. Bahkan saking terkenalnya, aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna di Play Store. Jika dilihat dari ulasan para penggunanya, rata-rata adalah feedback positif, sehingga rating totalnya adalah 4.5/5.0.

Terus apa saja yang bisa kita lakukan di WPS Office + PDF ini? Secara garis besar, aplikasi ini mampu membuka, mengedit, dan membuat seluruh tipe file office. Tidak hanya office saja yang meliputi doc (docx), xls, pdf, dan ppt, namun file berbasis note dengan ekstensi txt juga bisa diubah. Itu hanyalah fungsi utamanya, namun ada aneka fungsi lain dari WPS Office, yakni :

  1. Bisa membuka, menyunting, dan membuat seluruh paket office suite
  2. Kompatibilitas penuh dengan seluruh format file Office
  3. Kemampuan untuk mengonversi semua jenis dokumen menjadi dokumen berformat pdf
  4. Akses mudah untuk membuka dan mengedit file dari penyimpanan file online (Cloud Drive), seperti Google Drive, Dropbox, One Drive, Ever Note, dan Box.
  5. Mendukung Enkripsi dokumen agar data tetap aman
  6. Mempermudah untuk sharing dokumen, bisa melalui Whatsapp, Facebook, Email, maupun pesan instan.
  7. Mendukung semua pencetakan nirkabel dokumen
  8. Dan masih banyak lagi

Bagi kalian yang berminat untuk mengunduh aplikasinya, bisaa langsung mengunjungi Play Store atau bisa dengan mengunduhnya lewat Google Drive. Jika ingin mengunduh melalui Google Drive, silahkan klik Download WPS Office via Google Drive.

Google Dokumen, Aplikasi terbaik untuk membuka dokumen Microsoft Word doc lewat hp


cara membuka file office di android

Dengan memakai perangkat lunak buatan Google ini, kalian akan dengan mudah untuk membuka dokumen MS. Office langsung dari ponsel. Selain bisa digunakan untuk membaca file office, Google Docs juga membolehkan pemakainya untuk mengedit setiap isi dokumen. Jika kalian ingin membuat file office langsung dari ponsel, Google Dokumen juga bisa membuat file doc dari smartphone android.

Bahkan jika kalian lupa atau tak sempat menyimpan hasil tulisan, Google Dokumen akan menyimpannya secara otomatis ke akun Google Drive masing-masing. Fitur unik dari aplikasi dengan 100 juta pengunduh ini adalah fitur menulis bersama dengan orang lain. Jadi kalian bisa mengundang teman-teman kalian untuk bahu membahu menulis tulisan.

jika teratrik memakai Google Dokumen sebagai software pembuka file word, kalian bisa mengunduhnya di Google Drive, Download Google Dokumen gratis.

Olive Office Premium, aplikasi unntuk membuka dokumen doc, pdf, xls, dan ppt dari android offline


cara membuka file office di android

Aplikasi yang digarap oleh OlivePhone ini merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka file word, excel, dan powerpoint dari hp. selain digunakan untuk membuka file Office Suite, aplikasi ini juga dapat dengan mudah untuk membuat dokumen baru dan menyunting dokumennya. Namun tidak hanya itu saja fitur yang didapat saat memiliki aplikasi Olive Office ini. Berikut adalah beberapa fungsi yang bisa ia jalankan :

  1. Mudah untuk membuka, mengedit, dan membuat dokumen dari ponsel
  2. Fitur yang hampir sama dengan software Office di windows, seperti pemilihan fonts, pembuatan teks miring, tebal, dan garis bawah. Serta untuk file Excel, mendukung penulisan rumus-rumus.
  3. Terhubung untuk membuka dan menyunting dari Cloud Drive. Drive yang didukung adalah Google Drive, BOX, dan Dropbox
  4. Support format doc/docx, xls/xls, ppt/pptx, dan pdf
  5. Bisa melakukan pembesaran saat membuka maupun menulis dokumen

Jika tertarik untuk mengunduh aplikasi pembuka dokumen ringan ini, silahkan unduh Olive Office Premium. untuk ukurannya tidak terlalu besar, hanya sekitar 16.37 MB dan telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu orang pengguna android.

OffiStar, aplikasi untuk membuka file pdf paling ringan


cara membuka file office di android

Sebenarnya aplikasi ini cukup banyak review negatif dari penggunanya di Play Store. Alasannya adalah saat membuka file dokumen seperti doc, xls, dan ppt terkesan memiliki loading yang sangat lama. Namun setelah saya mencoba untuk memakainya, ternyata saat membuka file pdf begitu cepat. jadi bagi kalian yang ingin membuka file pdf namun tidak ingin memakan banyak ruang penyimpanan, maka OffiStar adalah solusinya.

Aplikasi yang digarap RedCool Media ni sebenarnya tidak buruk-buruk amat, selain bisa untuk membuka pdf, juga bisa untuk mengedit filenya. Namun pengeditannya tidak terlalu kompleks, hanya berkaitan dengan pemberian warna latar, pemberian garis bawah, dan garis tengah. Namun keunggulan utama dari software dengan 5 juta pengunduh ini adalah ukurannya yang hanya 6.84 MB.

Bila tertarik untuk mengunduhnya, langsung klik Download OffiStar Word Excel Powerpoint. Walaupun cuma mendapat rating 4.0, namun tidak ada salahnya bila dipakai, apalagi ukurannya yang kecil.

Smart Office, Aplikasi ringan untuk melihat dan mengedit file MS Office


cara membuka file office di android

Aplikasi yang diluncurkan oleh Artifek Software Inc. merupakan salah satu aplikasi untuk membuka dokumen word, excel, powerpoint, dan pdf. Walaupun kalah jauh dari WPS Office dari segi banyaknya pengunduh, namun kualitasnya hampir setara. Aplikasi dengan 1 juta downloader ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringan, yakni hanya 15 MB saja. Dengan ukuran seperti itu, Smart Office tidak memiliki fitur untuk membuat dokumen baru. Namun terdapat berbagai fitur utama yang hebat, seperti dibawah ini :

  1. Membuka dan mengedit dokumen office
  2. Format karakter seperti bold, italic, underline, size, highlight, dan font style.
  3. Editing yang mudah, semacam cut, copy, paste, undo, dan redo
  4. Fasilitas insert file, berupa gambar dari galeri atau foto langsung hasil pemotretan
  5. Fasilitas Convert semua ekstensi dokumen menjadi pdf
  6. Cloud Drive Support. Seperti Dropbox, box, dan Google Drive

Semua fasilitas diatas dapat kalian peroleh dari aplikasi yang sangat ringan bila dipakai tersebut. Aplikasi tersebut tidak lain adalah Smart Office. Bagi yang berniat untuk mengunduhnya, kalian bisa mencari di Play Store atau langsung menekan Download Smart Office.

Polaris Office, Aplikasi android office terlengkap tanpa iklan


cara membuka file office di android

Polaris Office yang dibuat oleh Infraware Inc. adalah aplikasi paling bagus untuk membuat dokumen word, excel, dan powerpoint lewat android. Dengan tampilan aplikasi yang ciamik, ditambah dengan banyaknya template untuk menulis, menjadikannya salah satu yang terbaik. Dengan adanya fitur yang mumpuni, aplikasi dengan 10 juta unduhan ini memiliki ukuran yang relatif besar, yakni berkisar 50 MB. Namun itu tak masalah, mengingat aplikasi ini dibarengi dengan adanya beberapa fitur utama ini :

  1. Membuka, Mengedit, dan Membuat dokumen
  2. Kompatibel dengan semua format file Microsoft Office
  3. Mendukung hampir setiap bahasa di dunia, tercatat ada 18 bahasa termasuk Arab dan Jepang
  4. Terdapat total 24 template, 300 lebih rumus untuk dokumen excel, 37 efek transisi Powerpoint, dan 20 bagan 2D maupun 3D.
  5. Mudah dalam berbagi (share) dokumen
  6. Support Cloud Drive, salah satunya Google Drive

Untuk bisa menggunakannya, kalian akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu agar memiliki akun Polaris. Jika tertarik memakai aplikasi ini, silahkan Unduh Polaris Office. Saat kalian mendaftar, ada juga pilihan untuk melewatinya, namun lebih baik buat akun saja.

Docs To Go, Aplikasi Office android paling ringan

cara membuka file office di android

Walaupun ukurannya tidak lebih dari 8 MB saja, namun Docs To Go sangat wajib diperhitungkan sebagai aplikasi pembaca file office di smartphone paling bagus. Pasalnya, fitur didalamnya terbilang lengkap, mulai dari kemampuan editing document, create new document, dan open document. Normal saja jika aplikasi ini sukses diunduh sebanyak 50 juta kali oleh pengguna android di seluruh dunia.

Bahkan aplikasi yang digarap oleh DataViz ini memiliki fitur Cloud untuk membuka dokumen dari server penyimpanan online. Cloud Drive yang mereka dukung meliputi Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan Box. Namun untuk mengaktifkannya, kalian harus terlebih dahulu memiliki akses premium untuk aplikasi ini. Tapi walaupun banyak fitur yang premium, namun Docs To Go adalah salah satu yang paling saya sarankan untuk membuka file office.

Kekurangannya jelas ada pada iklan yang senantiasa menghiasi layar handphone kalian. Namn saya rasa itu tak terlalu bermasalah, jika kalian ingin mencobanya, silahkan unduh via Google Drive. Atau jika ingin menyimpan filenya, langsung tekan Free Download Docs To Go. Sebelum memakainya kalian akan terlebih dahulu disarankan untuk membuat akun.


Di atas adalah kumpulan aplikasi gratis untuk file microsoft office paling ringan. Semua aplikasinya telah saya coba satu-satu, dan semuanya bisa dikatakan cukup memuaskan dan benar-benar berfungsi. Ada juga beberapa aplikasi premium untuk membuka dokumen, namun belum dicoba karena kurangnya dana. Aplikasi tersebut adalah Office Suite yang memiliki fitur lengkap untuk urusan Office. Di setiap aplikasi yang saya sebut, telah saya beri link download masing-masing, agar kalian lebih mudah download aplikasi office android apk.

0 komentar

Posting Komentar