Jumat, 13 Juli 2018

Urutan versi android terendah sampai tertinggi saat ini

Android sekarang ini merajai pasaran sistem operasi untuk telepon genggam. Tak heran apabila perusahaan penggarapnya senantiasa memperbarui versi guna menambah fitur untuk pengguna android. Sampai sekarang, android sudah sampai versi 8.1 Oreo, dan kemungkinan akan update ke versi baru lagi. Berikut ini adalah urutan versi android dari terendah sampai tertinggi yang terbaru :

daftar versi android 1.0 sampai 8.0

1. Android 1.0


23 September 2008 menjadi rilis awal dari android, sekaligus menandai versi pertama mereka, yakni android 1.0. Ini adalah versi android paling jadul, sampai sekarang bahkan sudah ada versi Oreo, yakni versi 8.0. Pada versi ini masih belum dinamai jajanan manis seperti sekarang, karena nama untuk versi android pertama ini adalah Alpha. Ada juga yang menyebutnya dengan panganan manis, yakni Apple Pie. Fitur pada awal perilisannya cukup sederhana, namun sudah cukup menarik kala itu.

2. Android 1.1


Untuk memperbaiki versi pertama, maka versi selanjutnya yakni android 1.1, Beta hadir. Walaupun menggunakan API Level 2, versi beta tidak terlalu berbeda jauh dengan yang sebelumnya. Walaupun begitu, ada beberapa perubahan dari segi sistem dan kinerja. Tanggal perilisannya sendiri tanggal 9 Februari 2009 yang langsung diterapakan pada smartphone HTC Dream.

3. Android 1.5 Cupcake


android 1.5 cupcake

Nama Cupcake menjadi awal dari penamaan android yang selalu memakai jajanan manis. Versi yang diperkenalkan pada 27 April 2009 ini menggunakan versi User Interface yang berbeda dari sebelumnya. Lebih menarik dan tidak membosankan. Selain itu, banyak fitur baru ditambahkan, seperti kemampuan untuk melakukan pemutaran dan perkeman video dengan format MPEG-4 dan 3GP. Keyboard yang dipakai juga berbeda, karena menggunakan aplikasi pihak ketiga.

4. Android 1.6 Donut


android 1.6 donut

Android 1.6 dengan kode nama donut muncul pada 15 September 2009 dengan menambah fitur baru. seperti galeri, kamera, dan pemutar video yang terintegrasi untuk memudahkan para pengguna. Juga peningkatan kinerja yang semakin bagus dan cepat. Secara fitur memang tidak terlalu banyak penambahan pada versi donut ini.

5. Android 2.0 – 2.2 Eclair


android 2.0 eclair

Rangkaian versi android Éclair dimulai dengan rilisnya versi 2.0 pada tanggal 26 Oktober 2009. Sekara garis besar, cukup banyak tambahan fitur pada versi kali ini. Salah satunya adalah penambahan fitur live wallpaper dan perombakan pada UI yang semakin baik. Tak hanya soal fitur, peningkatan kierja dan kecepatan sistem juga disempurnakan. Versi 2.1 dan 2.3 hanyalah versi Éclair yang memperbaiki fitur dan bug yang ada pada versi 2.0.

6. Android 2.2 - 2.2.3 Froyo


android 2.2 2.3 froyo

Froyo atau lebih tepatnya frozen yoghurt hadir pada 20 Mei 2010 dengan menawarkan pengoptimalan kinerja pada sistem. Fitur barunya sanggup membuat aplikasi yang terinstal dipasang di memori eksternal. Tak hanya itu, pada versi ini pulalah data seluler bisa dihidupkan atau dimatikan sesuka hati.

7. Android 2.3 - 2.3.7 Gingerbread




Gingerbread adalah versi android yang paling banyak mengalami perubahan versi, mulai dari 2.3 hingga 2.3.7. Wajar saja jika banyak fitur dan pengembangan baru pada versi tersebut. Sebut saja tampilan UI yang diubah dengan bentuk yang lebih sederhana dan cepat. Juga dioptimalkannya kualitas sensor dan penambahan ekualiser audio. Gingerbread juga mulai mendukung smartphone yang memakai kamera depan. Versi selanjutnya yang sampai 2.3.7 tadi hanyalah sebagai perbaikan bug dan pengembangan kinerja.

8. Android 3.0 - 3.2.6 Honeycomb


android honeycomb

Rilis perdana pada 22 Februari 2011, Honeycomb memberikan fitur yang sangat berguna samppai sekarang, yaitu multitasking. Fitur tambahan baru pada versi 3.0 sampai 3.2 ini adalah adanya sistem bar di bagian bawah ponsel, papan ketik yang lebih cepat dan akurat, serta perubahan UI pada beberapa aplikasi bawaan. Versi selanjutnya menjadi versi untuk memperbaiki bug, dan juga ada penambahn fitur yang membuat joystick dan gamepad bisa dipasang di android.

9. Android 4.0 - 4.0.4 Ice Cream Sandwich


android ice cream sandwich

Ice Cream Sandwich adalah nama android dengan versi 4.0 sampai 4.0.4. Berbagai perbaikan kinerja hadir pada versi ini, sehingga android lebih nyaman dan cepat. Fitur yang ditambah meliputi pengambilan screenshot, rotasi layar yang lebih halus, mendukung perkeman video 1080p, dan pengedit foto bawaan, walaupun masih sederhana. Ice Cream Sandwich sendiri dirilis pada 14 November 2011 dengan API level 14 dan 15.

10. Android 4.1 - 4.3 Jelly Bean


android jelly bean

9 Juli 2012 android Jelly Bean resmi dirilis yang dipakai pertama pada tablet Nexus 7. Salah satu perubahan yang menonjol adalah UI yang diubah, sehingga terlihat lebih halus dan keren. Tak hanya itu, android juga mulai menggunakan fitur teks dua bahasa atau lebih. Foto panorama juga ditambahakan saat android masih di versi Jelly Bean.

11. Android 4.4 Kitkat


android kitkat

31 Oktober 2013, android kembali merilis versi android terbarunya dengan nama Kitkat. Namun tidak membawa tambahan fitur yang terlalu banyak, karena pada kitkat hanya memperbaiki dan mengembangkan fitur kinerja dari versi sebelum-sebelumnya. Beberapa fitur yang ditambahkan adalah perbaikan audio serta dukungan inframerah.

12. Android 5.0 Lollipop


android lollipop

Android L hadir dengan nama Lollipop yang diperkenalkan pada 25 Juni 2014. Perbedaan dengan versi sebelumnya tidaklah mencolok, hanya saja UI yang ada pada lollipop telah diperbarui menjadi lebih menarik. Desain antarmuka tersebut dinamakan Material Design. Fitur lainnya adalah project volta yang membuat andoid memiliki daya tahan baterai lebih lama.

13. Android 6.0 Marshmallow


android marshmallow

Marshmallow hadir dengan membawa berbagai fitur baru serta fitur perbaikan dari versi sebelumnya. Salah satu yang utama adalah android versi 6.0 ini mendasari munculnya sistem fingerprint, yakni membuka ponsel dengan sidik jari. Tak cukup itu saja, marshmallow juga membuat ponsel akan lebih hemat baterai. Bahkan, saat melakukan charging, digadang-gadang ponsel pengguna OS ke-13 android ini mampu melakukan charging 5 kali lebih cepat.

14. Android 7.0 - 7.1 Nougat


android nougat

Android 7.0 Nougat hadir dengan menawarkan perbaikan fitur yang banyak. Tak hanya itu, versi yang dirilis awal pada 22 Agustus 2016 ini memiliki fitur Mode Data Saver, sehingga aplikasi bisa yang memakan banyak bandwitch bisa terkurangi. Fitur lainnya meliputi New JIT Compiler, dukungan multi-window, VR Daydream, fingerprint, emoji baru, dan masih banyak lagi. Tak salah jika versi ini menjadi salah satu versi android terbaik.

15. Android 8.0 Oreo


android oreo

Yang teranyar adalah versi 8.0 dengan nama Oreo. Tanggal rilis versi tertinggi android saat ini adalah 21 Maret 2017 sebagvoji yang diperbarui, pengaturan yang didesain ulang, nota pemberitahuan yang diperbarui, dan ikon adaptif. Jadi, versi oreo adalah versi android terbaru sampai saat ini.

Di atas adalah urutan android terendah sampai tertinggi, android dari vesri 1.0 sampai 8.0. Memang android sudah banyak melakukan perubahan, namun kualitas yang diberikan oleh setiap versi tak jauh berbeda. Tapi saat ini, jika ingin memakai ponsel dengan sistem operasi android, maka setidaknya versi KitKat ke atas. Semoga daftar versi OS android terbaru ini bisa membantu semua orang.

0 komentar

Posting Komentar