Sabtu, 10 Oktober 2020

Cara Kompres Video di HP Android Tanpa Mengurangi Kualitas

Cara Kompres Video di HP Android Tanpa Mengurangi Kualitas - Video cenderung memiliki ukuran file yang besar, apalagi jika kualitasnya semakin bagus. Karena itu, banyak orang-orang yang ingin memperkecil ukuran video tersebut. Akan tetapi, jika ukuran diperkecil, maka kualitas video tersebut juga menurun, bahkan bisa menurun sangat drastis.

Karena hal tersebut, Anda perlu melakukan sebuah proses pengompresan untuk memperkecil ukuran video tanpa menurunkan kualitasnya. Dengan compressing, maka Anda akan mendapatkan sebuah file baru dimana ukurannya menurun namun kualitas yang disuguhkan tidak jauh beda dari aslinya. Oleh sebabnya, Anda wajib mengetahui tutorial yang satu ini.



Manfaat dari megompres video sangatlah banyak, dua diantaranya adalah tidak membuat kapasitas penyimpanan Anda bocor dan saat diupload tidak boros kuota sekaligus bisa lebih cepat. Dengan menfaat yang beragam tersebut, banyak orang ingin tahu cara re-size file video.

Disini bakal kami berikan tutorialnya secara mendetail. Anda yang tertarik bisa membaca artikel kami dengan cara memilih main menu yang ada di bawah. Oh iya, Anda juga bisa menonton video tentang tutorial ini di kanal Youtube kami, sehingga akan lebih mudah dipahami. Langsung saja, silahkan pilih menu-menu berikut ini.



Oh iya, sebelum menuju ke tutorialnya, Anda sangat disarankan untuk subscribe channel youtube milik kami, Bashor Kaji. Di sana, Anda bisa mendapatkan berbagai tutorial, trik, dan hal-hal lain seputar Android. Karena itu, bagi pemilik sistem operasi semacam itu, Anda sangat dianjurkan untuk berlangganan di kanal tersebut.

Cara Kompres Video agar Ukurannya Kecil


Jika Anda seorang youtuber, content creator, selebgram, atau berprofesi lain yang kerap bersinggungan dengan video, memperkecil ukuran video adalah hal wajib. Untuk melakukannya sendiri terbilang gampang, karena Anda hanya memerlukan bantuan aplikasi, menunggu proses pengompresan, dan selesai. Namun jika bingung, di bawah inilah runtutan caranya yang baik dan benar.

1. Download aplikasi Panda Video Compressor, entah dengan menekan link tersebut atau lewat Play Store di Hp masing-masing.

2. Buka aplikasinya jika sudah terinstall.

3. Maka kalian bakal diarahkan ke sebuah halaman, dimana terdapat semua video yang Anda miliki di ponsel tersebut.

4. Pilih saja video yang ingin dikompres, kemudian tekan Berikutnya yang ada di bawah.



5. Setelah dialihkan ke halaman lain, pilihlah resolusi yang diinginkan. Kami menyarankan tiga teratas, yakni Berkas Kecil, Berkas Medium, dan Berkas Besar.

Baca Juga

6. Jika sudah dipilih, tekan Compress.



7. Tunggu proses compressing selesai sehingga video yang Anda compress bisa dibuka.

8. Sekedar Informasi saja, di poin nomor lima kan ada berbagai pilihan resolusi, namun kami menyarankan tiga pilihan teratas saja. Penjelasannya adalah, Berkas Kecil: Ukurannya bakal mengecil dengan drastis, namun kualitas menurun, cocok jika ingin dibagikan di whatsapp. Kemudian Berkas Medium: Ukurannya standar, resolusinya standar, dan semuanya serba standar. Terakhir, Berkas Besar, dimana Resolusinya tetap, ukurannya memang besar, namun tidak sebesar file aslinya, cocok jika Anda ingin mengompress file tanpa menurunkan kualitas.

Sebenarnya, kalian juga bisa mengatur resolusi secara kustom, namun bisa berdampak pada video kalian. Jika resolusinya tidak sesuai atau equivalent, maka videonya bisa saja terpotong. Karena hal tersebut, tiga pilihan di atas lah yang paling baik, sebab resolusinya menyesuaikan video aslinya.

Dengan cara mengompres video tanpa menurunkan resolusi seperti trik di atas, maka ukuran dari video Anda bakal menurun. Namun semakin kecil ukuran, maka cenderung memperkecil kualitas gambar pada video tersebut. Bisa saja, videonya bakal buran atau pecah jika Anda terlalu berlebihan mengompresnya.

Video Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas


Karena biasanya orang-orang masih bingung dengan penjelasan yang kami berikan, maka kami membuat sebuah video yang sudah diunggah ke Youtube. Dengan begitu, Anda bisa menontonnya agar lebih mudah dipahami. Untuk Anda yang ingin menyaksikan video tentang pembahasan kali ini, silahkan langsung saja menakan link tautan yang sudah kami buat berikut ini.


Baca Juga

Perlu diketahui, tutorial yang kami berikan ini bisa Anda praktekan di semua android. Jadi Anda tetap bisa mengecilkan ukuran video dengan hp xiaomi, samsung, oppo, vivo, realme, lenovo, asus, nokia, dan berbagai brand lain. Namun jika mengalami kendala, jangan sungkan untuk menanyakannya di kolom komentar ya.

Mungkin cukup sekian artikel yang dapat kami bahas. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi website Cara Android untuk mendapatkan berbagai info android menarik. Jangan lupa juga untuk subscribe channel YT Bashor Kaji jika ingin menonton video menarik seputar ponsel. Semoga bermanfaat, terima kasih.

0 komentar

Posting Komentar