Kamis, 04 Oktober 2018

8 Cara Cepat Mengatasi HP Cepat Panas Paling Terbukti

Memiliki hp yang cepat panas sangat meresahkan bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan hp yang panas akan mengakibatkan peforma dari suatu ponsel menjadi lemot. Dengan lemotnya ponsel, maka melakukan sesuatu akan terasa menyebalkan, seperti saat main game, chatting, bahkan browsing. Oleh karenanya, ada baiknya kalian mengetahui cara mengatasi smartphone yang cepat panas, baik saat main game, streaming, atau browsing.

cara mengatasi hp cepat panas

Namun sebelum menuju ke pokok pembahasa, yakni bagaimana cara mengatasi hp cepat panas, ada baiknya ketahui dulu apa penyebab ponsel cepat panas. Dengan mengetahui apa alasan ponsel cepat panas, otomatis kalian akan mudah mengetahui cara mengatasi hal tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab hp panas menurut pengalaman kami :

1. Terlau banyak aktivitas

Ponsel akan terbebani apabila mereka digunakan dengan terlalu 'spartan'. Pemakain ponsel yang terlalu memberi beban seperti ini akan mengakibatkan ponsel cepat panas. Misalnya kalian masih mengaktifkan aplikasi sosial media seperti instagram, whatsapp, facebook, hingga telegram dan ditambah dengan main game. Pemakaian aplikasi yang terlalu berlebihan inilah yang menyebabkan ponsel cepat panas.

Tidak hanya pemakaian aplikasi dan game saja yang menyebabkan hp cepat panas. Aktivitas lain seperti menghidupkan data seluler, wifi, bluetooth, hotspot seluler, infra merah, nfc, dan lain-lain juga berpengaruh pada tingkat kepanasan suatu smartphone.

2. Suhu yang tinggi

Salah satu penyebab panasnya ponsel adalah tingginya suhu udara. Hal ini kerap terjadi pada siang hari. Dengan suhu udara yang tinggi, maka akan berpengaruh pada suhu ponsel. Apabila suhu udara tinggi alias panas, maka ponsel akan ikut terpengaruh menjadi panas juga.

3. Charging

Kebanyakan dari kalian saat mengisi daya baterai pasti merasa ponselnya memanas. Wajar saja, mengingat saat pengisian baterai akan ada aliran listrik yang masuk ke dalam baterai. Akibatnya baterai akan cepat panas.

4. Softcase

Penyebab yang mungkin jarang disadari oleh banyak orang adalah pemakaian softcase. Dengan mengenakan softcase pada ponsel, maka suhu ponsel akan lebih cepat panas. Ini disebabkan oleh tidak adanya angin-angin yang mendinginkan ponsel, sehingga sangat wajar apabila ponsel terasa panas.

5. Baterai

Baterai yang sudah tidak baik, seperti melembung dan daya cepat habis lebih baik diganti saja. Dengan memakai baterai yang sudah jelek, maka akan mengakibatkan baterai tersebut cepat panas.

Setelah diketahui beberapa sebab dari panasnya suatu smartphone, maka langsung saja kita ketahui cara mengatasinya. Untuk cara hp tidak cepat panas sebenarnya cukup banyak dan sederhana. Sebagai pemilik hp, kalian harus mampu melakukannya agar nantinya ponsel kalian benar-benar dingin. Berikut adalah beberapa cara cepat mendinginkan ponsel yang panas saat ngegame, streaming, dan browsing :

1. Matikan aplikasi yang kurang penting

Maksudnya adalah dengan meghapus aplikasi yang masih berjalan di latar belakang. Seperti dengan cara menekan tombol home lama, lalu dengan menekan hapus semua. Namun cara ini tidak terlalu berpengaruh pada pendinginan ponsel. Apabila ingin mendapatkan hasil yang lebih, maka install saja aplikasi pembersih RAM yang bertebaran di Play Store. Cara tersebut ampuh menghentikan aplikasi di latar belakang yang sedag tidak dipakai, sehingga hp bisa leih cepat dan tidak panas.

2. Matikan data, wifi, dan lain-lain-lain

Kalian juga bisa mematikan hal-hal yang saat itu tidak berguna. Misalnya mematikan wifi, bluetooth, hotspot seluler, dan hal lain yang dirasa tidak diperlukan. Apabila wifi dan teman-temannya dihidupkan namun tidak diperlukan, maka mereka akan menuntut ponsel tetap bekerja, sehingga bisa mempercepat ponsel memanas.

3. Gunakan charger original

Apabila ingin baterai kalian tahan panas, maka pakailah charger yang original dari pabrik. Dengan charger standar, maka baterai akan merasa nyaman diisi daya oleh charger tersebut. Selain itu, charger original pasti sudah dites oleh pabrik dan cocok bila dipakai untuk ponsel kalian.

4. Jangan gunakan hp saat charging

Pada saat kalian melakukan charging, ada baiknya untuk tidak menggunakan ponsel terlebih dulu. Seperti yangdisebutkan di atas, saat charging hp akan lebih cepat panas, dan apbila hp dimainkan, maka akan lebih cepat panas. Selain itu, pemakaian hp sambil di-charge juga mengakibatkan baterai cepat rusak, cepat habis dayanya, dan pastinya lebih cepat panas.

5. Jangan gunakan softcase

Pemakaian softcase akan membuat ponsel terbekap. Udara dan angin-angin akan sulit masuk untuk mendinginkan ponsel. Maka dari itu, jangan gunakan ponsel apabila tengah main game atau streaming agar tidak cepat panas. Softcase boleh saja dipakai, karena bisa membuat ponsel terhindar dari lecet. Tapi pakailah saat memakai ponsel untuk keperluan sederhana, seperti chatting atau nonton video dan putar lagu.

6. Dekatkan dengan sumber pendingin

Lawan dari panas adalah dingin. Jadi apabila ponsel kalian adalah sumber panas, maka dekatkanlah ponsel tersebut ke sumber pendingin. Misalnya dengan mendekatkannya ke kipas angin, ac, dan lain-lain. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi hp cepat panas dengan cepat. Kalian juga bisa main game dan streaming tanpa takut hp panas dengan mendekatkan ponsel tersebut pada sumber pendingin.

7. Istirahatkan total

Maksud dari mengistirahakannya adalah dengan mendiamkannya. Agar hasilnya lebih ampuh dan cepat, saat didiamkan lebih baik didekatkan dengan sumber pendingin seperti di atas. Dengan mengistirahatkan ponsel, maka ponsel akan terbebas dari tugas-tugasnya yang berat, sehingga dia akan mendingin dengan sendirinya.

8. Ganti baterai

Apabila dirasa baterai kalian yang bermasalah, maka ada baiknya untuk menggantinya dengan yang baru. Namun saat menggantinya haruslah baterai yang benar-benar bagus dan cocok untuk ponsel tersebut. Dengan digantinya baterai, maka ponsel akan mendapatkan sumber tenaga yang fresh, sehingga pekerjaan di dalam ponsel akan lebih bagus dan lebih sulit panas.

Di atas adalah 8 cara ampuh dan cepat mengatasi hp cepat panas saat main game dan streaming. Walaupun sederhaa, namun sangat cocok untuk dilakukan. Cara tersebut sudah kami praktekkan, dan memang benar ampuh menanggulangi ponsel yang cepat panas.

0 komentar

Posting Komentar